Aksesoris Komputer Penyimpan File

aksesoris komputerMenyimpan file di hardisk memang sesuatu hal yang cukup berisiko. Jika terjadi kesalahan pada sistem komputer, semua data dalam hardisk bisa hilang tak terselamatkan. Untuk mengantisipasi kemungkinan tersebut, hadirlah aksesoris komputer yang digunakan untuk menyimpan file. Selain untuk melindungi file-file penting, aksesoris penyimpanan bisa digunakan untuk mengirim file.

Apa Saja Aksesoris Komputer untuk Menyimpan File?

Ada banyak sekali media penyimpanan data, seperti piringan hitam, kaset pita, magnetic tape, dll. Tapi di sini, kita fokus pada aksesoris komputer penyimpan file mulai dari era disket. Yang pertama adalah flopi disk atau disket. Disket memiliki kapasitas 1,44 MB. Saat ini, disket tidak lagi digunakan, namun gambar disket tetap setia menjadi ikon save pada program-program komputer. Yang kedua adalah CD atau compact disk. Berbentuk lingkaran datar dengan diameter 12 cm atau 8 cm dan lubang kecil di tengahnya, mampu menyimpan data dengan kapasitas 700 MB. Selanjutnya adalah DVD. Bentuknya sama dengan CD, namun kapasitas penyimpanan DVD jauh lebih besar, yaitu 4,7 GB. CD dan DVD sampai saat ini masih digunakan. Kemudian, media penyimpanan yang saat ini paling banyak digunakan adalah flash disk. Flash disk dengan USB connector memiliki keunikan tersendiri dari media penyimpanan lainnya. Dengan ukuran yang kecil dan mudah disimpan, flash disk disukai banyak pengguna komputer. Flash disk memiliki bentuk yang beraneka macam, mulai dari yang standar, bentuk yang imut-imut, bentuk tokoh anime, dan lain-lain. Kapasitas flash disk pun beraneka ragam. Mulai dari di bawah 100 MB sampai 32 GB. Dan mungkin akan terus bertambah besar lagi.

Selanjutnya adalah memory card. Memory card memiliki tiga ukuran, microSD, miniSD, dan SD. Dengan ukurannya yang kecil, memory card menjadi media penyimpanan data yang tidak nyaman digunakan secara portable karena berisiko tinggi untuk hilang. Alat penyimpanan ini hanya digunakan untuk memory handphone, handycam, kamera digital, dll. Saat ini, penyimpanan file secara online di dengan cloud lebih mudah dan aman. Ditambah lagi dengan pengiriman file yang mudah dan cepat dengan WIFI direct, akankah hal itu menjadi predator ganas yang mengancam keberadaan aksesoris komputer penyimpan data?

Related posts:

admin