Beberapa Gejala dari Penyakit Leukimia atau Kanker Darah

tips kesehatanApakah Anda pernah mendengar mengenai leukimia? Inilah leukimia atau yang juga dikenal dengan kanker darah merupakan sebuah penyakit yang penderitanya beragam dalam artian anak-anak hingga yang telah dewasa bisa terkena penyakit yang satu ini. Dalam leukimia, tubuh pasien nantinya akan mengalami produksi sel darah putih secara berlebihan sehingga mengganggu fungsi sel darah lainnya seperti sel darah merah. Jadi, kekurangan sel darah merah menjadi kondisi yang pasti akan dialami oleh semua penderita dari leukimia ini. Karena terlalu banyaknya jumlah sel darah putih pun membuat penderita akan rawan alami pendarahan hingga infeksi.

Lalu, bagaimana dengan gejala yang ditimbulkan dari penyakit yang satu ini? Untuk Anda yang penasaran dan ingin tahu lebih banyak hal mengenai gejala dari leukimia atau kanker darah, maka Anda baca saja ulasannya pada paragraf berikut. Dengan mengetahui gejala leukimia ini, nantinya Anda pun bisa lebih waspada agar Anda dan orang sekeliling Anda akan tahu cara penanganannya.

  1. Anemia

Gejala awal dari leukimia ialah penderita terkena anemia atau kekurangan darah. Hal ini jelas sangat masuk akal sebab jumlah sel darah merah dalam tubuh akan berkurang karena tubuh hanya akan produksi sel darah putih secara berlebih. Biasanya penderita nantinya akan menjadi mudah lelah, konjungtiva mata pucat dan bibir pun pucat.

  1. Mudah memar atau pendarahan

Karena kurangnya sel darah merah yang bisa atasi masalah pendarahan dan memar, maka para penderita leukimia ini nantinya akan lebih mudah untuk alami memar atau pun pendarahan. Pendarahan pada gusi dan hidung menjadi sering terjadi disini.

  1. Rentan terkena infeksi

Selain itu, gejala lain yang menunjukkan jika seseorang terkena leukimia ialah mereka akan rentan terhadap infeksi. Dalam hal ini, beberapa infeksi misalnya pneumonia bronkial yang diikuti dengan sakit kepala, demam hingga sariawan menjadi hal yang umum terjadi.

  1. Kelenjar getah bening bengkak

Adapun gejala lain yang harus Anda waspadai yaitu membengkaknya kelenjar getah bening pada tubuh. Biasanya, pembengkakan terjadi di daerah ketiak, tenggorokan maupun selangkangan.

Related posts:

admin