Cara Membuat Bibit Buah Tin

bibit buahBuah adalah makanan cuci mulut yang menyegarkan dan memiliki banyak vitamin dan zat-zat lain yang diperlukan oleh tubuh. Mungkin di antara kita ada yang memiliki tanah yang luas dan suka berkebun. Alangkah baiknya jika di kebun kita ditanami buah-buahan. Sekarang ini, bibit buah bisa kita dapatkan dengan mudah. Selain itu membudidayakan buah dengan melakukan pembibitan sendiri juga bukan hal yang sulit. Salah satunya adalah buah Tin.

Membuat Bibit Buah Tin Itu Mudah

Buah Tin memiliki banyak sekali kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, diantaranya senyawa polyphenols sebagai antioksidan, senyawa benzaldehde dan coumarins yang bisa digunakan untuk perawatan kulit, pencegah kanker dan tumor. Selain itu, buah ini juga mengandung serat, kalium, dan magnesium yang melindungi dari serangan angin dan mengontrol tekanan darah tinggi. Di samping itu, khasiat buah Tin dapat mengurangi sesak napas, mengencerkan dahak, membersihkan limpa dan hati, mencegah kanker dan kencing manis, serta manfaat lain yang sangat banyak bagi tubuh. Cara membuat bibit buah Tin sangatlah mudah. Yang pertama dengan mencangkok. Pilihlah batang yang muda dan berkulit hijau. Persiapkan plastik transparan dan cocopeat murni. Balut batang Tin dengan cocopeat murni yang dibungkus dengan plastik transparan. Panjang cangkokan antara 10 cm sampai 15 cm. Ikat cangkokan di pangkal dan ujungnya dengan tali rafia. Sirami media tanam setiap hari secara rutin. Cara kedua adalah dengan menggunakan stek batang. Caranya, pilih batang atau cabang tanaman Tin yang sudah tua, yaitu yang warna kulitnya ungu atau kecokelatan. Potong miring bahan stek tadi.  Semai di tempat persemaian yang sudah dimasuki media pasir atau cocopeat murni. Lapisi bekas potongan bagian atas dengan lilin untuk mencegah kebusukan. Sirami media tanaman setiap hari untuk menjaganya tetap lembab. Pada umur 45 hari, saat bahan stek sudah memiliki banyak perakaran, pindahkan ke lahan baru.

Hasil cangkok maupun stek batang lebih baik ditanam di pot daripada di lahan terbuka. Campurkan tanah, cocopeat, kotoran kambing, dan sekam mentah ke dalam pot dengan perbandingan 1:1:1:1. Gunakan pot dengan diameter 30 – 50 cm. Sirami 3 kali sehari. Setiap 6 bulan sekali, tebarkan kotoran kambing di permukaan media tanam, lalu aduk sedikit. Mudah kan membuat bibit buah Tin?

Related posts:

admin