Gandakan Uang Anda dengan Deposito Berjangka

Gandakan Uang Anda dengan Deposito Berjangka

Deposito berjangka merupakan satu metode penyimpanan uang di bank, berbeda dengan tabungan biasa, hasil lebih banyak bisa diperoleh melalui deposito. Pada masa sekarang ini tidak cukup hanya dengan menabung. Bunga tabungan kurang lebih sebesar 1 – 2% per bulan tidak sebanding laju inflasi yang telah mencapai 6,79 % (berdasarkan data BI bulan April 2015). Simpanan Anda diperkirakan dapat mengejar atau paling tidak sepadan dengan laju inflasi dan hasilnya semakin tebalnya pundi-pundi simpanan Anda.

Investasi di Deposito Berjangka

Perbedaan mendasar deposito dengan tabungan antara lain pada pembukaan rekening deposito uang yang menjadi setoran awal nominalnya lebih besar dibanding uang setoran awal rekening tabungan dengan nominal bermacam-macam tergantung kebijakan bank masing-masing. Bukti kepemilikan biasanya berupa sertifikat yang terdiri dari nama, nominal deposito, dan rincian perjanjian. Sertifikat deposito ini harus dijaga dengan baik dan tidak boleh sampai hilang, karena bisa dicairkan dengan mudah oleh si penemu.

Terdapat ketentuan rentang waktu penyimpanan dan pencairan deposito berjangka mulai dari 1, 3, 6, 12, dan 24 bulan.

Jika ingin menambah simpanan rekening deposito harus menunggu jatuh tempo atau dibuatkan rekening baru. Di lain pihak jika ingin pencairan sebelum jatuh tempo akan dikenakan denda dan tidak mendapat bunga deposito berjalan.

Rekening deposito tidak dibebankan biaya administrasi bulanan. Namun tetap ada biaya pajak dengan besaran 20% dari bunga deposito, pokok tidak termasuk. Hal paling menarik adalah suku bunga. Pada umumnya besaran bunga tabungan tetap untuk rentang waktu tertentu (fixed rate) sedangkan bunga deposito berbeda berdasarkan nominal setoran awal dan rentang waktunya.

Untuk memudahkan akan diberikan gambaran tentang deposito. Misalkan Anda mempunyai dana sebesar Rp 10 juta dan akan disimpan di bank “A”. Laba tabungan yang akan diterima sebesar Rp 120.000,- dengan asumsi bunga 1,5 % per tahun. Sedangkan laba deposito yang akan diterima sebesar Rp 784.000,- dengan asumsi bunga deposito 6,4 % per bulan dan 9,8 % per tahun. Berdasarkan perhitungan manakah yang Anda pilih? Tabungan biasa ataukah deposito berjangka!?

Related posts:

admin