Kandungan Bahan Kimia Di dalam Bahan Pembersih

bahan kimiaSaat baju Anda terkena kotoran, pasti akan langsung membersihkannya supaya noda tersebut tidak bersarang dibaju selamanya. Untuk membersihkannya, tak akan cukup jika hanya menggunakan air. Karena itu, akan diperlukan sebuah bahan kimia yang bisa membantu untuk mengangkat kotoran yang menempel tersebut, dan membiarkan kotoran tersebut bisa terlepas dengan tersuspensi. Salah satu zat kimia yang bisa membantu dalam proses pengangkatan noda yaitu sabun serta detergen. Zat-zat kimia yang ada di dalam bahan pembersih akan dibedakan menjadi 2, yaitu bahan aktif dan bahan aditif. Bahan aktif akan digunakan untuk noda yang memiliki cetakan tebal, alias membandel. Untuk bahan aditif itu digunakan sebagai bahan tambahan saja.

Beberapa Bahan Kimia Untuk Membersihkan Noda

Bahan kimia yang dibuat dengan tujuan membersihkan noda tidak hanya berupa detergen saja, melainkan masih ada lainnya seperti shampoo, pasta gigi, dan lain sebagainya. Untuk detergen, terdapat beberapa kandungan kimia seperti penguat, bahan pencemerlang, pewangi, anti redeposisi dan alkil benzene sulfonat. Untuk zat kimia di dalam shampoo, yaitu karborner, natrium lauril eter sulfat, glikol distearat, fragrans, natrium klorida, dan kokomidopropil betain dimetiko. Dan untuk zat kimia di dalam pasta gigi terdapat, kalsium gliseroposfat dan natrium monoflouroposfat. Bagi Anda yang merasa penasaran tentang manfaat dari beberapa zat kimia, disini kami akan memberi penjelasan tentang bahan aditif, bahan aktif dan surfaktan.

Untuk bahan aditif sendiri, ini dianggap sebagai penguat, pelembut, memberi aroma atau pewangi, pewarna, pelarut, pengental dan pengawet. Kemudian bahan aktif, ini sering dicampurkan pada bahan pembersih yang fungsinya sebagai surfaktan. Surfaktan ini memiliki kemampuan untuk mengangkat serta mengikat kotoran. Dengan menggunakan surfaktan, lemak serta kotoran yang tadinya tak bisa campur dengan air, maka kini bisa bercampur bersama air. Sehingga lemak ataupun kotoran tersebut bisa dihilangkan pada benda tempatnya menempel. Dengan adanya zat kimia tersebut, Anda tidak perlu khawatir apabila sewaktu-waktu pakaian ataupun benda lain berbahan kain terkena noda. Itulah fungsi dari beberapa bahan kimia dalam pembersih, semoga bermanfaat.

Related posts:

admin