Passing Grade Universitas Negeri di Indonesia Tahun 2016

passing gradeKamu pasti tak asing lagi dengan istilah Passing Grade, bagi kamu yang pernah melewati masa peralihan dari SMA ke masa kuliah pastilah tahu istilah tersebut. Pastilah kita jika ingin memilih suatu kampus atau universitas membutuhkan sebuah acuan khusus yang digunakan untuk kita dalam mengatur strategi. Mengatur strategi dalam hal apa? Jelas mengatur strategi dalam hal persentase berhasil atau tidaknya kita memasuki sebuah universitas. Acuan digunakan untuk seberapa tinggi rendahnya persentase peminat suatu jurusan di suatu universitas atau kampus tertentu, jika kita ingin memiliki peluang besar untuk memasuki sebuah universitas tertentu maka pilihlah jurusan yang grade-nya rendah, jika grade suatu jurusan rendah berarti bisa dipastikan jumlah peminatnya sedikit, dan kamu bisa berpeluang besar dalam memasuki kampus tersebut.

Passing Grade 2016

Mungkin bagi sebagian orang grade suatu jurusan tidaklah penting, banyak yang berpikir bahwa ujian adalah yang menentukan masuk atau tidaknya kita ke sebuah universitas, hasil ujianlah yang akan mengantarkan kita menuju gerbang kampus yang ingin kita tuju, tetapi alangkah baiknya kita juga menyiapkan strategi terlebih dahulu sebelum memilih universitas. Passing Grade universitas negeri di Indonesia berubah setiap tahunnya, khususnya sekarang di tahun 2016 grade di beberapa kampus meningkat. Grade dibedakan menjadi dua jurusan yaitu jurusan IPA dan jurusan IPS, karena jelas dua jurusan tersebut bertolak belakang, dan tidak bisa disamakan. Grade tertinggi masih dipegang oleh Univeristas Gadjah Mada (UGM) yang notabene adalah universitas terbaik di Indonesia versi lembaga penelitian kampus mana pun.

Untuk memetakan grade jurusan tertentu perlu adanya hal yang perlu diperhatikan, banyak aspek yang digunakan dalam menentukan suatu grade jurusan. Untuk UGM yang memiliki grade tertinggi memastikan bahwa jurusan IPA lebih tinggi gradenya ketimbang jurusan IPS, jurusan IPA UGM memiliki grade rata-rata sebanyak 55% dan IPS memiliki grade rata-rata 45%. Sedangkan, Universitas Indonesia (UI) memiliki grade jurusan IPAnya yang sangat tinggi, rata-rata 60% berbanding 40% di jurusan IPS. Di tahun 2016 ini jurusan IPA lebih mendominasi di sebagian besar kampus negeri, terbukti dari Passing Grade jurusan IPA lebih tinggi ketimbang IPS, hal tersebut membuktikan bahwa jurusan IPA lebih diminati ketimbang jurusan IPS di tahun 2016 ini.

Related posts:

admin