Ragam Alat Listrik Yang Ada Di Rumah Beserta Fungsinya

alat listrikAlat listrik yang ada di jaman sekarang memiliki model dan jenis yang semakin bermacam-macam. Sejak di temukannya listrik kini semakin banyak kemudahan yang bisa di lakukan dengan bantuan listrik. Semakin canggih teknologi di dunia elektronik semakin banyak pula hal yang bisa di lakukan dengan listrik. Tak heran jika saat ini keberadaan listrik menjadi salah satu bagian hidup manusia yang perannya sangat penting.

Fungsi Alat Listrik Yang Ada Di Rumah

Salah satu tempat yang banyak menggunakan listrik sebagai salah satu sumber daya untuk membantu kehidupan sehari-hari adalah rumah tangga. Ada banyak sekali jenis alat listrik yang bisa kita dapatkan di rumah dari mulai alat penanak nasi, alat untuk pemasak air, lemari es, oven listrik, hingga alat untuk menghaluskan buah menjadi minuman yang lezat pun mengambil energi dari listrik. Namun tentu saja ke semua alat elektronik tersebut bisa bekerja dengan bantuan beberapa alat untuk listrik.

Berikut adalah beberapa jenis alat untuk listrik yang sering di temukan penggunaannya di dalam rumah tangga.

  • Steker atau colokan listrik

Sebuah alat untuk listrik yang memiliki bentuk dua buah colokan dari logam yang nantinya akan berfungsi untuk menghubungkan alat elektronik dengan listrik agar supaya bisa di pergunakan sesuai fungsinya. Anda tinggal memasukkan colokan yang terdapat di alat elektronik Anda ke dalam stop kontak untuk menghidupkan alat elektronik anda.

  • Stop kontak (outlet)

Merupakan alat untuk listrik yang menjadi muara sumber listrik untuk membuat alat elektronik yang Anda miliki bisa berfungsi. Di perlukan steker atau colokan listrik untuk membuat alat elektronik Anda terhubung ke sumber daya listrik. Biasanya ada juga stop kontak yang memiliki pengaman agar supaya stop kontak tersebut tidak membahayakan pengguna listrik terutama anak-anak.

  • Sakelar atau switch

Merupakan jenis komponen listrik yang bekerja dengan cara menyambungkan atau memutus aliran listrik yang terdapat pada suatu penghantar. Cara ini biasanya di terapkan pada jenis alat untuk listrik jenis lampu. Namun tak menutup kemungkinan juga Anda terapkan pada alat elektronik yang lainnya sehingga Anda bisa lebih mudah mengoperasikannya. Demikian penjelasan singkat mengenai fungsi alat listrik.

Related posts:

admin