Resep Masakan Seblak

Resep MasakanBaru-baru ini ada salah satu jenis makanan yang sangat populer dan paling dicari orang kebanyakan orang di berbagai daerah yaitu seblak. Seblak merupakan makanan khas dari daerah sunda yang sangat populer di kalangan masyarakat umum. Seblak memiliki rasa yang pedas sehingga mereka yang menyukai pedas wajib untuk mencoba makanan yang satu ini. Seiring berjalannya waktu resep masakan seblak mengalami banyak perkembangan yang dahulunya hanya dibuat dari bahan dasar kerupuk kini banyak di kombinasikan dengan bahan-bahan lainnya. Adapun bahan-bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan seblak adalah sebagai berikut kerupuk, telur, makaroni, mie, ceker, garam, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, kencur, tomat, kemiri, gula, dan air secukupnya. Ada juga yang menambahkan sayuran seperti sawi, kol, dan wortel sebagai pelengkapnya.

Bagaimana Pembuatan Resep Masakan Sunda Ini?

Pembuatan seblak sendiri sangat mudah dan sederhana. Pertama-tama bawang merah, bawang putih, kemiri, tomat, kencur, cabai rawit dan garam dihaluskan sampai lembut. Bahan lainnya untuk resep masakan seblak seperti kerupuk, makaroni, mie dan ceker direbus terlebih dahulu hingga matang jangan terlalu lembek karena teksturnya yang lembek dapat mempengaruhi rasa dari seblak itu sendiri. Setelah matang air rebusan dari kerupuk, makaroni, mie dan ceker dibuang kemudian bahan-bahan hasil rebusan ditiriskan. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan pada wajan hingga harum, masukkan telur kemudian aduk-aduk hingga telur hancur, tambahkan sedikit air, dan bahan-bahan yang sudah ditiriskan tadi ke dalam wajan. Aduk hingga bumbu merata. Tambahkan garam dan gula secukupnya sampai rasa yang dihasilkan pas, enak dan gurih. Sajikan seblak pada piring atau mangkuk.

Seblak akan enak dikonsumsi jika keadaannya masih hangat sehingga bahan-bahan yang digunakan tidak mekar. Pada beberapa kasus seblak yang disajikan terdiri atas seblak yang kering dan seblak basah. Yang membedakan keduanya adalah banyak sedikitnya air yang ditambahkan ketika telur selesai di aduk. Seblak basah maupun kering memiliki bahan dan cara pembuatan yang sama. Bagi Anda yang tidak menyukai rasa pedas jangan khawatir, biasanya si penjual yang menjajakan makanan jenis ini menyediakan berbagai level rasa pedas dari level tidak pedas, sedikit pedas, sedang, pedas dan sangat pedas. Kalau Anda ingin mencoba membuatnya di rumah juga bisa dilakukan karena prosesnya yang mudah dan cepat. Selamat mencoba resep masakan seblak dan menikmati sajian makanan khas sunda yang satu ini ya, semoga berhasil.

Related posts:

admin