Tips Cara Merawat Kucing Bagi Pemula

Cara Merawat KucingKucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat disukai oleh manusia, namun apakah Anda mengetahui cara merawat kucing? Semua hewan mempunyai sifat sensitif yang harus dimengerti manusia. Bila Anda seorang pemula dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai perawatan kucing maka berikut akan kami sampaikan beberapa tips mendasar untuk Anda.

Cara Merawat Kucing Bagi Seorang Pemula

  1. Anak kucing memerlukan jumlah gizi 2 kali lebih banyak dibandingkan dengan kucing dewasa. Walau mereka memerlukan nutrisi lebih banyak, itu tak berarti Anda mesti memberi makan dengan berlebihan. Sesudah 5-6 minggu, beri makanan rutin 4 kali setiap harinya.’
  2. Jangan memberi makanan anjing pada kucing, sebab makanan anjing tak memiliki kandungan taurin, nutrisi yang diperlukan oleh kucing untuk pencegahan penyakit jantung dan kaburnya penglihatan.
  3. Sesudah 8-10 bulan Anda dapat membiasakan mereka memakan makanan rumah seperti susu dan nasi sejak dini.
  4. Cara merawat kucing berikutnya adalah tak perlu memandikan mereka dengan teratur. Saat bulu mulai berbau, Anda bisa memandikan kucing dengan air dingin. Air panas bisa merusak bulu dan memicu iritasi kulit kucing.
  5. Sikat bulu kucing dengan teratur. Hal ini mampu menghilangkan bulu mati, bakteri dan kuman yang ada pada bulu.
  6. Pergi keluar dan bermain-main dengan mereka. Aktivitas fisik membantu pertumbuhan anak kucing dengan bagus. Hewan peliharaan Anda dapat tumbuh lincah dan sehat.
  7. Ajari kebiasaan baik sehari-hari, bisa dengan mengajari kucing pergi ke toilet atau tempat tidur, dan makan.
  8. Menyikapi perilaku buruknya dengan tegas. Anda harus dapat bersikap tegas pada perilaku buruk yang diperlihatkannya. Dengan demikian mereka dapat memahami mana yang baik dan buruk.
  9. Vaksinasi, menjadi wajib dilakukan dengan rutin agar terhindar dari penyakit dan virus. Oleh karena itu segera konsultasikan dengan dokter hewan.
  10. Menjaga kebersihan tubuh mereka. Anda harus rajin mencuci kuku, gigi, dan telinga kucing. Bagian-bagian tersebut sangat beresiko terkena bakteri dan kuman. Bila dibiarkan kotor dapat memicu infeksi dan penyakit.

Nah itu tadi beberapa http://tipskucing.com, semoga bermanfaat.

Related posts:

admin